Minggu, 13 November 2011

Info Dharmasraya | Mengenal Motto Tau Jo Nan Ampek

Tujuh tahun lebih sudh Dharmasraya lahir sebagai kabupaten pemekaran dari Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung. Sejak diresmikan pada tanggal 7 Januari 2004 lalu, berdasarkan UU No 38 Tahun 2003 tentang pembentukan Kab. Dharmasraya, Kab. Solok Selatan, dan Kab. Pasaman Barat di Prov. Sumbar. Baru pada tanggal 12 Agustus 2005 Kab. Dharmasraya memiliki Bupati dan Wakik Bupati Definitif hasil Pilkada Langsung Tahun 2005.

Sejah tahun 2005 itu pulalah, lahir Perda Pertama Kab. Dharmasraya tentan "Lambang Daerah Kab. Dharmasraya". Dan pada tahun 2005 tersebut, DPRD dan Bupati Dharmasraya saat itu, menetapkan lambang Dharmasraya yang berbentuk Perisai Segi Lima.

Pada lambang tersebut terdapat berbagai bentuk lukisan yang didesain secara apik, yang memiliki arti dan makna tertentu. Dan lebih menarik lagi, pada lambang daerah tersebut terdapat tulisan "Tau Jo Nan Ampek", yang hingga saat ini dijadikan sebagai motto daerah Kab. Dharmasraya.

Menurut Perda Kab. Dharmasraya No 1 Tahun 2005, motto Kab. Dharmasraya yang memakai kalimat Tau Jo Nan Ampek ini mengandung arti masyarakat yang memiliki pengetahuan yang kompleks tentang Agamama, Adat, ilmu Pengetahuan, dan Teknolngi.

Nan Ampek di Syara' atau Agama motto ini mengandung makna, Kitab Nan Ampek yang terdiri dari Kitab Zabur, Kitab Taurat, Kitab Injil, dan Al Qur'an yang dikenal dengan Kitabullah. Sahabat Nan Ampek (Khullafaurrasyidin) terdiri dari Abu bakar Siddiq, Umar Bin Khatab, Utsma Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib. Imam Nan Ampek terdiri Imam Syafi'I, Imam Hanafi, Imam Hambali dan Imam Maliki. Dan sebagainya.

Nan Ampek di Adat mengandung makna, Adat Nan Ampek yang terdiri dari Adat Nan Sabana Adat, Adat Nan Diadatkan, Adat Nan Taradat dan Adat Istiadat. Hukum Nan Ampek terdiri dari Hukum Baina, Hukum Kurenah, Hukum Ijtihad dan Hukum Ilmu. Undang Nan Ampek terdiri dari Undang Nagari, Undang Isi Nagari, Undang Luhah Jo Rantau, dan Undang Nan Duo Puluah. Asa Diri Nan Ampek terdiri dari Kato Pusako, Kato Mufakat, Kato Dahulu dan Kato Kudian. Dan sebagainya.

Serta Nan Ampek di Ilmu Pengetahuan (IPTEK) mengandung makna Mato Angin Nan Ampek yang terdiri dari Utara, Selatan, Timur dan Barat. Alam Ilmu Nan Ampek terdiri Alam Batang, Alam Binatang, Alam Fikir, dan Alam Ghaib. Tau dengan sejarah kerajaan Nan Ampek dalam Kab. Dharmasraya, yaitu Siguntur, Pulau Punjung, Padang Laweh dan Koto Besar. Dan sebagainya.

Namun sudahkah motto Tau Jo Nan Ampek terpakai dengan baik. Sudahkah masyaratkat Dharmasraya ini memahami dan mencermati secara mendalam setiap makna yang terkandung pada motto Tau Jo Nan Ampek ini? Ataukah hanya sekedar menjadi lambang yang terpampang disetiap sudut Ranah Cati Tigo ini? yang tidak menutup kemungkinan lambat laun akan hilang dengan sendirinya.

3 komentar:

  1. keren....
    Smoga dharmasraya bisa menjadi tuntunan kabupaten lain.

    BalasHapus
  2. Mantap......sangat membantu adik2 kelak dimasa yg akan dtg , semoga menjadi panutan dan amalan bagi yg lain.thx

    BalasHapus